kenduri nusantara merawat nkri

Kenduri Nusantara 2019

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang Kenduri Nusantara , sudah kah tau apa itu kenduri ? 
Kenduri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )  sendiri berarti perjamuan makan untuk memperingati peristiwa , meminta berkah dan sebagainya . 

Seperti yang di  yang terjadi  akhir-akhir ini masyarakat merasakan kesusahan hati karna banyak saling curiga , amarah bahkan tindakan yang merusak tali silahturahmi dan kekeluargaan . Kondisi inilah yang menggerakan masyarakat Solo untuk menggelar doa bersama . Kenduri Nusantara Doa Anak Negeri untuk umbul donga  , memanjatkan doa bersama demi keselamatan negeri.

Bagi warga solo , kenduri merupakan sebuah cara sosial untuk merawat keutuhan , meneguhkan kembali cita cita bersama . KENDURI NUSANTARA  sendiri di adakan hari Minggu , 3 Maret 2019 di Benteng Vastenburg Surakarta .

masyarakat kota Solo di Benteng Vastenburg Surakarta
Umbul donga memanjatkan doa bersama untuk keselamatan negeri yang di lakukan oleh masyarakat kota Solo bersama ulama rakyat yang turut  hadir juga salah satu nya Gus Muwafiq.


Beberapa ulama hadir dalam Kenduri Nusantara

Banyak rangkaian acara yang di laksanakan dalam Kenduri Nusantara salah satunya turut di meriahkan pula oleh tarian reog dan tari gambyong yang merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia .
Tari gambyong dalam rangkaian acara Kenduri Nusantara

tarian reog dalam rangkaian acara Kenduri Nusantara

Salah satu hal yang selalu saya ingat jika mengingat kota Solo adalah makanan atau jajanan pasar khas Solo seperti seperti serabi solo atau sosis solo . Dulu sebelum saya tau sosis solo itu seperti apa dalam benak dan pikiran saya pasti makanan itu terbuat dari sosis . Seperti istilah tak kenal maka tak sayang setelah saya tau sosis solo itu berbentuk seperti risol tapi dengan isi ayam saya justru kini sosis solo menjadi cemilan favorite saya .

Sumber gambar dari google 


Kini dengan adanya Kenduri Nusantara yang telah di laksanakan , masyarakat Solo sendiri berharap warga di wilayah lain melakukan hal yang sama dengan cara , kepercayaan dan tradisi masing-masing . Mari saat ini kita tata kembali ruang dan hati kita , berfikiran positif , menjaga serta merawat apa yang sudah ada. Mari bersimpuh dan memanjatkan doa . Demi bangsa Indonesia , Demi kita semua .


#kendurinusantara2019 #doaanaknegeri #umbuldonga #merawatNKRI #menjagaIndonesia #salamcintanegeri #guyubrukun #agawesantosa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Family Date bersama Bebelac

Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Dukung Indonesia Lebih Sehat

Aksi Hebat Ramadan bersama Bebelac