Family Date bersama Bebelac

Halo moms , Apa kabar nya ?
Semoga dalam keadaan sehat semua ya .

Aku mau cerita sedikit nih tentang aktifitas dan keseruan aku dengan si adik di tanggal 9 Agustus 2019 kemarin . Di tanggal tersebut aku berkesempatan hadir untuk belajar bersama dengan psikolog dari Rumah Dandelion dan Bebelac yang bertempat di Kantorkuu Coworking & Office Space Agro Plaza , Kuningan Timur.
Tidak cuma aku , disana ada teman-teman blogger lainnya  yang hadir  juga membawa buah hati nya . Wah seruu dan rame pastinya ya.


Melatih Kecerdasan Emisional Anak untuk Mendukung Daya Pikirnya merupakan tema yang di bahas dalam acara tersebut.


Acara langsung di buka oleh Deska Hapsari Nugrahaini  selaku Marketing Manager Bebelac.
Oh ya selama acara tersebut anak-anak di ajak bermain dan belajar bersama teman-teman psikolog dari Rumah Dandelion juga loh.


Sementara orang tua nya fokus mendengarkan presentasi dari Psikolog Agstried Elisabeth Piether , anak-anak di ajak menempel bola-bola kapas di atas kertas yang bergambar domba dan memberi warna tinta hitam di atas kapas tersebut lalu kegiatan lain nya menempel beras bewarna ke atas kertas yang bergambar ikan.


Kegiatan anak-anak seperti itu terlihat simple ya padahal secara tidak langsung kegiatan tersebut mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan pola pikirnya , menstimulasi motorik halus dan koordinasi mata dan tangan , menstimulasi kretifitas dan imajinasinya.


Anak-anak juga di bacakan buku tentang jalan-jalan ke pemadam kebakaran oleh Nadya Pramesrani dari Rumah Dandelion dan ada kegiatan langsung jadi pemadam kebakaran. Et , tenang bukan memadam kan api beneran loh . Anak-anak di ajak memakai baju pemadam kebakaran lalu di ajak melompat melewati rintangan dan menaiki anak tangga dan menyemprotkan air ke gambar api yg berjejer di depan nya . Seru banget kan . Melalui aktifitas ini anak-anak di ajarkan untuk berempati terhadap lingkungan sekitar.


Setiap anak terlahir dengan akal dan hati , tugas kita sebagai orang tua memberikan stimulasi yang tepat untuk membangun rasa peduli dan empati nya , karena dengan kemampuan berpikirnya akan berkembang bersama kebesaran hatinya .
Lalu bagaimana kah cara nya melatih kebesaran hati dan kemampuan berpikir si kecil sehari-hari ? yang pasti dengan stimulasi yang tepat untuk menjadikan si kecil tanggap dengan tahapan perkembangan yang sesuai dengan usia nya .

Tahapan perkembangan si kecil yang sesuai dengan usianya :

- Usia 1-2 tahun

  • Dapat tertular emosi orang lain ( menangis jika ada anak lain menangis , ikut rewel saat perasaan ibu sedang tidak senang )
  • Secara umum belum terdorong membantu orang lain kecuali mendapat instruksi yang jelas 

- Usia 3-4 tahun

  • Mulai ada keinginan untuk membantu dan menenangkan tanpa perlu diminta
  • Dapat mengaitkan antara emosi yang muncul dan apa yang menyebabkan 

- Usia 5-6 tahun

  • Mampu menceritakan pengalaman dan perasaan nya 
  • Mampu membaca perasaan orang lain melalui bahasa tubuh , ekspresi wajah dan perilaku orang lain

- Usia 7 tahun keatas

  • Semakin menunjukan kepedulian sosial dan berinisiatif membantu
  • Semakin terampil dalam membaca situasi dan mencari solusi yang tepat dan menyesuaikan antara kemampuan yang di miliki dan kebutuhan orang yang butuh bantuan


Terima kasih untuk Bebelac , Rumah Dandelion dan MomBloggerCommunity atas kesempatan nya yang sangat bermanfaat sekali. Senang dapat ilmu baru lagi pastinya.
Terima Kasih







Komentar

  1. Wah acara yang berfaedah sekali apalagi buat yang punya bayi seperti saya. Penting memang memerhatikan nutrisi dan kegiatan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya.
    Terima kasih mbak, informasinya berguna sekali :)

    BalasHapus
  2. Bebelac ini merek yang sudah lama menemani anak Indonesia dan sampai saat ini masih eksis. Diem2 aku sering nyobain susunya keponakanku. Enakk 😅😅

    BalasHapus
  3. Banyak banget ya stimulasi yang di ajarkan di acara ini. Jadi bikin anak-anak bermain sambil belajar juga yak.

    BalasHapus
  4. Acaranya seri sekali. Dan setuju, stimulasi yang tepat akan menjadikan si kecil tanggap dengan tahapan perkembangan yang sesuai dengan usianya .

    BalasHapus
  5. Anak bungsu saya usia 2 tahun 2 bulan Alhamdulillah kl misalnya nangis gak lama². Mudah banget dibujuk. Lucunya kl sdg jalan² ke mana, gitu, dia mau buang sampah apa misalnya mesti dapet tempat sampahnya wlwpun jauh. Unik ya memahami perasaan si kecil. Seru ya Mba... Family date Bebelac-nya

    BalasHapus
  6. Seru acaranya ya mbak. selain kita dapat ilmu, anak-anak juga happy bisa bermain dan belajar. Semoga makin banyak acara bebelac seperti ini di kota lain

    BalasHapus
  7. Wah tema acaranya bagus mbak, tuntutan ortu zaman now makin berat dalam mendidik anak yaaa. Tak hanya menekankan pada aspek kecerdasan akademis tapi tentu saja EQ yg mencangkup bagaimana anak bersosialisasi dan berempati penting jg kita ajarkan ke anak.

    BalasHapus
  8. Gak hanya cerdas pikir dan emosi saja gak akan cukup ya perlunya dukungan asupan nutrisi yang baik untuk mendukung daya pikir dan empatinya, suka kalo acara seperti ini, semua di lakukan untuk yang terbaik bagi si kecil ya

    BalasHapus
  9. Gak hanya cerdas pikir dan emosi saja gak akan cukup ya perlunya dukungan asupan nutrisi yang baik untuk mendukung daya pikir dan empatinya, suka kalo acara seperti ini, semua di lakukan untuk yang terbaik bagi si kecil ya

    BalasHapus
  10. Seru banget family date kayak gini. Jadi pengen bisa ikutan juga. Kapan dong diajak

    BalasHapus
  11. Ini nih acaranya sangat mengedukasi banget, saat mamanya sedang menimba ilmu, anak2 pun sedang diberi stimulasi juga, semuanya mendapatkan edukasi.

    BalasHapus
  12. Asik ya mvak bisa dapat ilmu bermanfaat banget. Kayaknya selain ibunya happy anak anaknua juga happy ya bisa play date sama teman temannya yang lain

    BalasHapus
  13. arena mainnya bagus bingitz...
    nuansa kuning sesuai kemasan bebelac ya...
    semua anak saya susunya bebelac, tapi kami belom pernah sekalipun menghadiri acara bebelac..
    mupeng....

    BalasHapus
  14. Seru ya bisa event bareng sama si adik. Dapet ilmu baru dan teman baru pastinya. Semoga ilmu yang didapat bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari*

    BalasHapus
  15. Saya paling suka hadir di event parenting seperti ini, emaknya bisa update ilmu, anaknya jugs enjoy bisa menikmati event karena bisa main sambil belajar. Semoga ntar mampir Makassar jugaa deh :D

    BalasHapus
  16. Menyenangkan sekali buat anak-anak sehingga bisamengembangkan pola pikirnya , menstimulasi motorik halus dan koordinasi mata dan tangan , menstimulasi kretifitas dan imajinasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Hebat Ramadan bersama Bebelac

Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Dukung Indonesia Lebih Sehat