Sentuhan Cinta Orang Tua Melalui Pijat Bayi

Halo Ayah Bunda , Apa kabar ? Semoga sehat selalu ya


Aku mau nanya nih  sama para Ayah Bunda , siapa yang waktu anak-anak nya masih bayi suka pijit bayi nya ? Pasti ada beberapa Ayah Bunda yang pijit sendiri bayi nya dan ada beberapa Ayah Bunda yang bawa bayi nya  ke emak urut  ( sebutan aku untuk orang tua / sesepuh yang suka pijat bayi ) dengan alasan ah takut kecengklak kalau pijat sendiri kalau sama emak pijat kan udah berpengalaman .
Yap , salah satu orang yang suka bawa bayinya ke emak urut itu adalah aku . Dulu waktu anak pertama ku , satu atau dua bulan sekali aku selalu bawa ke emak urut sampai kira-kira usia anak ku 2 tahun . Dulu sepertinya aku kurang mengedukasi diriku , maklum waktu itu masih jadi Bunda baru yang suka bingung sendiri dan waktu itu juga jaman akses internet mesti ke warnet dulu tidak seperti jaman sekarang yang semua informasi ada di genggaman tangan . Sampai akhirnya aku baca selembaran kertas tentang pijat bayi . Dan aku baru tau saat itu kalau bayi bisa di pijat sendiri dengan beberapa teknik . Singkat cerita  saat anak kedua  aku pijat bayi aku sendiri dengan modal keyakinan bahwa aku bisa .
Bisa sih tapi bener gak ya tekniknya , jadi ragu sendiri .

Alhamdulillah keraguan aku akhirnya terjawabkan langsung  karna tanggal 26 Juni 2019 kemarin aku dapat kesempatan untuk Pelatihan Pijat Bayi yang di selenggarakan oleh  JOHNSON'S SENTUHAN CINTA di Gran Mahakam Kebayoran Baru Jak-Sel . Seneng banget karena aku dapat praktek langsung untuk belajar langkah demi langkah nya .

                              

Siapa sih yang gak tau JOHNSONS'S , sepertinya hampir semua tau . karena JOHNSON'S sudah lama sekali  hadir menemani para Ayah Bunda . JOHNSON'S sendiri adalah salah satu perusaaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program SENTUHAN CINTA . Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi , khususnya selama periode emas . Penelitian juga menunjukan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode yang sangat penting bagi bayi , dimana pertumbuhan yang di peroleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya dari bayi sampai dewasa . Tidak hanya nutrsi yang cukup di perlukan , namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi .


JOHNSON'S dalam menjalankan kampanye tersebut juga bekerja sama dengan  Alfamart , Shopee dan Habitat For Humanity untuk membangun pusat kesehatan anak ( POSYANDU ) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur .
Hebat nya gak sampai di situ saja  , untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik , JOHNSON'S melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON'S untuk mendukung pertunbuhan dan perkembangan bayi secara optimal .


Dalam acara JOHNSON'S SENTUHAN CINTA kemarin turut hadir juga dr. Bernie Endyarni Medise. SpA(K), MPH yang menjelaskan tentang manfaat pijat bayi bagi Tumbuh Kembang .


Dalam sesi talksow nya  dr. Bernie menjelaskan apa saja manfaat bayi , seperti :
  • Sentuhan yang di lakukan saat pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat di serap dengan baik 
  • Meningkatkan imunitas bayi dan juga  kepadatan mineral tulang
  • Membantu melancarkan peredaran darah 
  • Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernapasan 
  • Membantu sistem saraf - stimulasi sensorik selama pijat membantu otak bayi berkembang dan bekerja lebih cepat 
  • Membantu mengurangi rewel pada bayi 
  • Bayi lebih mudah bersosialisasi 
  • Membantu bayi berlatih relaksasi
  • Meningkatkan bonding yang berkualitas terhadap orang tua dan bayi 

Sedangkan untuk pelatihan pijat bayi sendiri di pandu oleh Emillya Eventha instruktur pijat yang sudah bersertifikat dan beberapa orang terapis pijat lainnya .


Langkah-langkah singkat memijat bayi yang di jelaskan , seperti :

1. CARESS LOVE
Letakan kedua telapak tangan anda di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah kedagunya , seperti membuka buku

2. RELAX
 Pijat area di atas alis , dari tengah kesamping menggunakan kedua ibu jari , pijat perlahan

3. SMILE
Pijat secara perlahan  dengan membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari . lakukan hal yang sama pada bibir bawah

4. BUTTERFLY
Dengan kedua telapak tangan yang di letakan di tengah dada , gerakkan kedua telapak tangan keatas sampai bawah leher . Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan

5. CROSS / MENYILANG
Letakkan kedua telapak tangan dikedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya . Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri

6. " I "
Pijat lembut dengan tiga ujung jari tangan membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah , seperti membentuk huruf "I"

7. "L.O.V.E"
Buat garis di atas perut  dari kanan atas ke kiri bayi atas bayi . Kemudian lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentu huruf "L"

8. "U"
Selesaikan degan membuat huruf "U" terbalik dari perut sebelah kanan bayi . Arahkan jari anda perlahan keatas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

9. WALKING FINGERS
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk  , jari tengah , dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara

10. FINGER SHAKE
Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking

11. ROLLING
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan

12. MILKING
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan . Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah ( seperti memegang tongkat kasti ) . Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang,
A. Milking India : gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
B. Milking Swedia : gerakan memerah dari tungkai ke atas

13. RELAX
Pegang kedua pergelangan kaki bayi , silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam . Kembalikan posisi kaki pada posisi semula , gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang

14. SLIP ( PIJATAN MELUNCUR )
Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah ( tengkurap ) . Posisikan satu telapak tanan Bunda , tegak lurus dengan tulang punggung bayi . Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas kebawah , dari leher hingga bokong .

Yang perlu di perhatikan dan di ingat saat pijat bayi adalah melepas semua perhiasan yang menempel di jari dan tangan , kuku si pemijat tidak boleh panjang dan tangan dalam keadaan bersih dan pada area muka bayi tidak perlu memerlukan oil atau lotion pemakaian oil dan lation hanya di area badan  ya Ayah Bunda .

Untuk informasi lebih jelas mengenai pijat bayi Ayah Bunda juga dapat mengunjungi  link website https://www.johnsonsbaby.co.id/pijat-bayi-untuk-tumbuh-kembang-bayi-optimal#gWCvrtD5x6BwFu7R.97 disana juga dapat mengunduh file modul pijat bayi lengkap .


Seangkan untuk informasi tentang JOHNSONS'S SENTUHAN CINTA silakan kunjungi https://www.johnsonsbaby.co.id/sentuhancinta?utm_source=Urban-Mama&utm_medium=Article&utm_campaign=Sentuhan-Cinta  dan melalui instagram resmi JOHNSON'S @JohnsonsBaby_id dan Facebook nya di @JohnsonsBabyIndonesia.


Terima kasih JOHNSON'S , The Urban Mama (TUM) , dr. Bernie , Terapis pijat dan Teman-teman semua atas kesempatan nya yang sangat berharga . Terima kasih juga Ayah Bunda sudah mampir dan membaca 
Sampai jumpa di ketikanyulia yang lain ya .


#SentuhanCinta
#JohnsonsBabyid
#PijatBayi



Komentar

  1. Acara bermanfaat bgd ya mom,,, apa lagi buat kita para ibu muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bermanfaat bangeet yaa . aku seneng kalau datang ke acara yang mengedukasi kayak gini

      Hapus
  2. Sentuhan yang di lakukan saat pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat di serap dengan baik .

    Manfaat ini nih yang suka diincar, soalnya kadang bayi sulit pup. harus dipijat biar pup

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener bangeet . orang tua kan suka bingung kalau anak susah pup karna jadinya rewel efek perutnya jadi begah gitu yaa . kalau di anakku ampuh banget susah pup , bagian perutnya di pijat dengan minyak telon

      Hapus
  3. Iya mom. saya kalau pijat bayi suka pake baby oil. Apalagi yang Johnson warna ungu. Harumnya bikin relax banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. si baby jadi makin seneng deh yaa mom karna baby jadi rilex . bisa nagih minta di pijat mulu deh nanti . hehehe

      Hapus
  4. Saya salah satu yang masih suka mijitin anak sejak bayi. Terutama kalau lagi sakit panas atau batuk. Biasanya setelah dipijit, Alhamdulillah batuk atau panas bisa reda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yaa bun . manfaat dari pijat bayi nya ampuh

      Hapus
  5. Saya anak pertama kalo pijit seluruh badan manggil tukang pijit bayi, kan belum tau caranya. Pas googling cuma nemu yang LOVE. Nah yang love aku lakuin sendiri. Itu pun kalo anak beberapa hari gak PUP.

    Nah anak kedua, seminggu terakhir kan banyak tu yang ngeshare pijat johnson's, slaah satunya postingan ini. Jadi saya mulai praktekkan pijit sendiri ke anak dari baca baca artikel teman teman. Alhamdulillah ngebantu banget artikel-artikel begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sama kayak aku mom , dlu pas anak pertama ke emak urut . pas tau caranya seneng bangeet bisa pijat sendiri . alhamdulillah artikel teman teman yang lain sangat membantu ya

      Hapus
  6. Waaahhh, saya jadi ingat beberapa bulan lalu juga beruntung ikutan acara pijat johnsons ini, bermanfaat banget!

    Saya emang selalu parno bawa anak ke dukun pijat, kasian liat anak jejeritan dipijat, saya aja dipijet nangis karena kesakitan, apalagi bayi yang masih rentan. jadi mengandalkan diri sendiri untuk memijat si bayi, beruntung banget bisa ikutan acaranya, ilmunya bermanfaat banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa bangeet mom . aku juga seneeng bangeet ikut acara yang mengedukasi gini . kita dapat manfaat nya bangeet ya

      Hapus
  7. Selama ini kalo lagi sama baby biasanya kita suka nyanyi nyanyi atau bersuara aneh hak jelas gitu 🤣🤣🤣 nah gimana kalo sekarang kita ganti dengan pijit -pijitan saja .Bayi happy dan orang rumah gak pusing denger suara kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil nyanyi tapi tangan nya gerak mijit juga bisaa mbak . heheehee orang rumah nanti minta gantian di pijat deh

      Hapus
  8. Wah, ternyata ada sesuatu yabg lebih bermanfaat kita lakukan bersama dedek bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak banyaak bangeet manfaat nyaa deh kalau lg berduaan sama si baby

      Hapus
  9. Aku memijat anak2 sejak mereka kecil, malah hampir gk pernah mijat ke pangraji atau baby spa, seingatku cuma sekali2 haha. Soalnya anak2 pada dasarnya lebih suka sentuhan dr org yang dikenalnya terutama ibunya :D
    Btw saat anakku kecil aku juga pakai Johnsons lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yaa mbaak . anak anaak pasti lebih suka sentuhan apalagi dari ibu nya . terasa banget kasih sayang nya menurut ku .

      samaa mbaak waktu anakku yg gede juga pakai johnsons , perlengkapan mandinya lengkap pakai johnsons

      Hapus
  10. Ini passs banget buat aku yg mau punya baby memang ya sentuhan dan pijatan antara ibu dan bayi sangat penting buat bonding

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat sehaat ya bumil ku . lancaaaar sampai melahirkan nanti . yuk belajaaar pijat pijat buat si adek bayi nanti

      Hapus
  11. Saya dan saudara-saudara saya pas kecil suka dipijat juga, Mbak. Dan memang, Ibh saya memanggil emak-emak tukang urut yang juga bisa pijat hehehe.

    Tapi ini acaranya keren, Mbak. Dengan bisa memijat anak sendiri, maka akan lebih nyaman. Soalnya yang paling tau kondisi anak kita, ya kita sendiri. Anak juga pasti akan merasa nyaman karena yang memijat orang tuanya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bangeet mas bambang . acara kayak gini tuh bikin tambah pinter menurut ku . ilmu nya kepake bangeet . btw dulu saya juga suka di pijit pas kecil sama emak pijet ibu saya gak berani pijet sendiri . hehehehe

      Hapus
  12. Memang lebih baik pijat bayi sendiri ya mbak. Alhamdulillah dapat sharing ilmu dari Jhonsons. Saya suka ngeri dengan mbah dukun bayi yang mijitnya sampai bikin anak nangis gilaa....hiks kasihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbak alhamdulillah banget aku dapet kesempatan ikut acara begini . ilmunya kepake banget

      Hapus
  13. Ternyata banyak yah teknik teknik pijatannya. Aku dulu taunya I Love u Sama butterfly doang. Thanks for share ma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mama julia . aku malah taunya i love u doang dlunya , sekarang udh tau semua nya

      Hapus
  14. Aku kebantu banget lho sama step by step yg diajarkan oleh Jhonson's ini. Si bayik terbukti nggak rewel dan dan menikmati sesi pijat sampai terlelap

    BalasHapus
    Balasan
    1. nikmaat bangeet pasti pijatan nyaa sampai terlelap si baby nyaa mbak . hehehe

      Hapus
  15. Karena belum jadi ayah, aku sulit jawab pertanyaannya 😁

    Tapi, aku jadi ingin tanya sama papa dan mama aku. Apa iya waktu bayi, aku juga sering dipijat?? 😂

    Aku cuma ingat, waktu bayi dulu memang sudah pakai produk Johnson ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheeheeh . bisa aja mas nyaa .

      top deh udh pakai johnsons dr kecil

      Hapus
  16. Memijat bayi juga cara lebih mendekatkan orangtua sama anak ya. Pasti seru ini acara parentingnya. Bisa jadi tutorial memijat bayi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bener bangeet mbak . salah satu cara meningkatkan bonding sama anak

      Hapus
  17. Bagus juga eventnya mbk. Anak saya juga sering di urut waktu bayi biar enak tidurnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Family Date bersama Bebelac

Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Dukung Indonesia Lebih Sehat

Aksi Hebat Ramadan bersama Bebelac