Mendongeng Salah Satu Cara Menstimulasi Daya Imajinasi Anak

Banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk menstimulasi daya pikir dan daya imajinasi anak seperti ajak bermain di luar atau di alam terbuka, memberikan wadah atau alat untuk menambah kreatifitasnya, atau menjelaskan sesuatu dengan bercerita atau mendongeng.

Daya imajinasi adalah daya pikir (angan-angan) atau menciptakan gambar dalam pikiran. Imajinasi sangat diperlukan dalam perkembangan daya pikir  anak, oleh karena itu pentingnya peran orang tua dalam hal tersebut.
Imajinasi pada anak-anak memiliki banyak manfaat seperti membuat anak menjadi terampil, memunculkan bakat pada anak, dan membuat anak menjadi percaya diri.

MENDONGENG

Mendongeng menjadi salah satu cara untuk menstimulasi daya imajinasi anak. 
Siapa yang suka mendongengkan anak? saya rasa hampir semua orang tua melakukan hal tersebut. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan dari mendongeng antara lain secara tidak langsung dari mendongeng menanamkan nilai-nilai kehidupan dan pesan moral, merangsang niat baca pada anak, membantu anak mengembangkan daya imajinasinya dan mempererat bonding antara anak dengan orang tua.



Jumat (1/11) lalu saya berkesempatan hadir dalam kampanye #sentuhanibu2019  yang di lakukan oleh NIVEA. sebuah kampanye inisiatif Nivea untuk membantu para ibu di Indonesia dalam memperat ikatan hubungan dengan buah hati mereka. Salah satu kegiatan yang di laksanakan Nivea yang menjadi bagian dari kampanye #sentuhanibu2019 adalah dengan kelas dongeng yang melibatkan komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Bersama Ayo Dongeng Indonesia, Nivea ingin membantu para Ibu dalam mendongeng untuk anaknya dengan kiat-kiat praktis yang bisa di terapkan di rumah dengan melibatkan sentuhan ibu.
Briggita Dewi Pricillia Brand Excecutive Nivea Body and Cream 

Turut hadir Brand Excecutive Nivea Body and Cream Briggita Dewi Pricillia, " Saat ini kegiatan mendongeng semakin jarang di lakukan oleh para ibu. Menariknya walaupun banyak ibu yang mengaku bahwa mendongeng itu baik untuk pertumbuhan tumbuh kembang anak, tapi para ibu masih belum percaya diri karena masih merasa kurang kreatif dan imajinatif. Oleh karena itu melanjutkan dari kampanye #sentuhanibu2018 , di tahun ini Nivea mengajak para ibu dan anak untuk saling menstimulasi daya imajinasi masing-masing melalui kegiatan mendongeng ini".

Banyak dari para Ibu yang mendongengkan anaknya hanya sekedar membaca buku dari awal sampai selesai, itu pun tidak salah. Karena prinsipnya tidak ada yang salah ataupun yang benar saat proses mendongeng tersebut. Setiap Ibu punya caranya masing-masing dalam mendongeng. 
Tetapi saat mendongeng disarankan juga untuk para Ibu tidak sekedar hanya membacakan cerita saja, melainkan juga memberikan stimulasi berupa sentuhan lembut pada anak karena sentuhan pada anak di percaya dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan pada anak. Nivea juga percaya pada kekuatan sentuhan Ibu dalam memaksimalkan perawatan kulit untuk mempererat ikatan dengan buah hati misalnya dengan menggunakan NIVEA Cream Tin sebagian dari aktifitas dari mendongeng tersebut.
Nivea Cream Tin, pelembab ikonik dari Nivea yang di perkaya dengan Eucerit yang memiliki fungsi melindungi kulit  yang mejadikan kulit tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh Ibu. Nivea Creame Tin aman untuk anak-anak dan orang dewasa karena telah teruji klinis dermatologis,'' jelas Brigitta.


Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi
Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi yang hadir dalam kelas dongeng Nivea #SentuhanIbu2019 kemarin juga turut menjelaskan bahwa medongeng mempunyai banyak manfaat bagi peningkatan kemampuan otak anak dan juga memperat ikatan emosi yang hangat dan juga menyenangkan bagi Ibu dan Anak. Ibu juga mempunyai peran yang penting sebagai pendamping yang membantu anak dalam meningkatkan daya imajinasinya. Dengan berimajinasi bersama anak saat mendongeng Ibu juga dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan sang anak selain itu Ibu juga dapat menanamkan nilai-nilai positif yang dapat membantu membentuk karakter anak di masa depan. Anak yang memliki daya imajinasi tinggi dapat tumbuh menjadi sosok yang easy-going, ekspresif memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan baik, memiliki banyak ide dan juga memiliki konsep diri yang lebih positif.


Kak Aio dari Ayo Dongeng Indonesia 

Hal yang sama juga turut disampaikan oleh Mochamad Ariyo Faridzh Zidni atau biasa yang di panggil Kak Aio, selaku pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Menurut kak Aio selain dari buku cerita rakyat , banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan inspirasi dalam mendongeng. "Selama ini banyak orang tua yang mengira kalau mendongeng itu harus memiliki banyak alat bantu untuk mengembangkan ide cerita. Padahal yang diperlukan dalam mendongeng adalah kemauan dan imajinasi". Bisa juga hal mudah saat mendongeng si Ibu sambil mengubah-ubah jenis suara agar mejadi menarik atau mendongeng saat lampu di padamkan dan disinari lampu senter sambil buat bentuk-bentuk lucu dari bayangan lampu tersebut. Tidak ada cerita yang salah atau benar saat berimajinasi. karna disitulah letak kehebatan dari imajinasi. Oleh karena itu Orang tua perlu membiasakan diri untuk berimajinasi melalui mendongeng bersama anak, semakin sering dilakukan pasti akan semakin lancar dalam mendongeng.

Selain itu untuk membantu meningkatkan bonding antara Ibu dan anak selain menghadirkan kelas dongeng Nivea juga akan berpartisipasi dalam acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2019 yang diadakan tanggal 2-3 November 2019 di Museum Monas Indonesia (Museum Gajah). 



#SentuhanIbu2019 juga akan menghadirkan kejutan istimewa yang dalam persiapannya turut bekerja sama dengan para ahli seperti : Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari yang akan menciptakan pengalaman berpetualangan di dunia imajinasi yang tidak akan terlupakan oleh Anak dan Ibu. Selain menciptakan pengalaman yang seru kegiatan yang akan di laksanakan di bulan Desember mendatang juga akan menjadi quality time yang berkualitas. Untuk info selanjutnya kegiatan ini bisa kalian dapatkan di social media nya @nivea_id nanti. 



Ada pertanyaan pribadi saya ke Kak Aio : "Kak Aio , Mendongeng itu harus dalam keadaan hati bahagia supaya dapat feeling nya dan dapat didengar dengan baik oleh pendengar (anak-anak) lalu  bagaimana jika si anak meminta di dongengi tetapi si Ibu dalam keadaan tidak baik ( lelah fisik atau situasi hati nya tidak sedang kondusif) sedangkan si anak dengan mengebu-gebunya untuk minta di dongengi ? kak Aio menjawab : Kalau dalam situasi seperti itu lebih baik tidak memaksakan kehendak si anak. Bilang dengan baik dan secara perlahan kepada anak kalau si Ibu dalam keadaan tidak baik dan butuh untuk cooling down sebentar supaya bisa bercerita dengan baik nanti, karena jika di paksakan untuk mendongeng hasilnya tidak akan baik karena cerita dari yang akan disampaikan tidak bisa di terima dengan baik dan jika anak tetap memaksa bisa di alihkan kepada ayahnya untuk bergantian mendongengi nya.


Ya, itu memang pertanyaan yang khusus saya tanya kan ke Kak Aio berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kadang saya merasa sangat lelah ketika seharian full mengurusi pekerjaan rumah tetapi tidak ingin juga kehilangan moment bersama anak-anak. Setelah mendapatkan penjelasan dari Kak Aio saya mengerti apa yang harus saya lakukan kelak ketika dalam keadaan seperti itu lagi dan  mudah-mudahan sih jangan sampai kejadian lagi ya. Hehehehe
Maunya sih pasti kita selalu dalam perasaan happy nan bahagia ya, bener kan teman-teman.

Yuk, kita sama-sama menstimulasi daya imajinasi anak dengan mendongeng. Sambil Mendongeng anak dapat berimajinasi membayangkan apa yang di ceritakan oleh sang Ibu dan dengan sentuhan lembut nya akan membuat anak merasa nyaman. Jadikan waktu yang terjadi saat mendongeng menjadi waktu yang berkualitas.




Komentar

  1. Aku baru tau nih kalau si pendongeng harus Dalam keadaan baik moodnya ketika Akan mendongeng. Kadang Aku sudah ngantuk dimalam Hari Keinmasih semangat Minta dibacakan buku dongeng. Alhasil setengah Hari deh. Bagaimana Cara daftar kalau maunikut kelas dongeng ini Ma?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Family Date bersama Bebelac

siapa saya

Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Dukung Indonesia Lebih Sehat