Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Dukung Indonesia Lebih Sehat

Memiliki buah hati yang sehat , cerdas dan sesuai dengan  tumbuh kembang se usia nya merupakan keinginan dan kebahagian bagi setiap orang tua . Namun bagaimana kah langkah kita sebagai orang tua dalam mengiringi tumbuh kembang nya ? Hanya memberikan stimulasi , memberi makan sesuai usia nya ? Oh , Tentu tidak . Langkah kita sebagai orang tua pastinya juga harus memberikan 

" Imunisasi lengkap dan pemenuhan kebutuhan nutrisi secara tepat karna  merupakan kebutuhan dasar kesehatan anak Indonesia untuk tumbuh kembang secara optimal "

Pemberian imunisasi rutin lengkap yang di sertai dengan pemenuhan nutrisi yang tepat bersama sama dapat mencegah penyakit dan mendukung tumbuh kembang yang optimal . Perlindungan yang bersifat spesifik terhadap penyakit-penyakit berbahaya hanya didapatkan melalui imunisasi , karena pemberian imunisasi dapat merangsang kekebalan spesifik yang efektif mencegah penyakit berat . 

Sementara , perlindungan kesehatan yang bersifat umum dapat diperoleh dari ASI, makanan pendamping ASI dengan nutrisi yang sangat lengkap dan seimbang , serta perilaku menjaga kebersihan , menggunakan air bersih untuk minum dan masak dan menjaga kebersihan badan , rumah dan lingkungan juga sangat mendukung .

                        


Oleh karena itu pada tanggal 22 April 2019 lalu  saya turut hadir  dalam  konferensi pers dengan tema nasional  " Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat untuk Mendukung Indonesia sehat " . Konferensi pers yang di laksanakan tersebut juga dalam rangka menyambut Pekan Imunisasi Dunia (PID) yang di laksanakan pada tanggal 24-30 April 2019 . Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan PT Nestle Indonesia mendukung komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia sehat .  Dalam acara kemarin turut di hadiri oleh narasumber yang sangat ahli di bidang nya , 

  • Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si dari Satuan Tugas Imunisasi IDAI 
  • Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) dari Unit Kerja Koordinasi Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI
  • DR. Dr. Ray Basrowi, MKK dari Head of Medical & Nutrition Service Departement , Nestle Indonesia 
Dalam acara kemarin Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si menjelaskan tentang imunisasi yang sangat penting untuk melindungi bayi dan anak dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya . Beliau juga menjelaskan anak yang tidak di mendapatkan imunisasi lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat , cacat bahkan meninggal .

Mengapa beliau juga menjelaskan dampak anak yang tidak mendapatkan imunisasi karena ternyata di Indonesia ( dan beberapa negara lain ) masih ada Orang Tua yang ragu / menolak anak nya di imunisasi .
Alasan orang tua yang anaknya tidak di imunisasi :
  • Tidak tau akan bahaya penyakit yang berbahaya 
  • Tidak tau akan manfaat imunisasi dan jadwal imunisasi 
  • Tidak tau bahwa sebenarnya imunisasi dipantau ahli-ahli dari semua negara 
  • Terpengaruh oleh HOAX ANTI IMUNISASI
Oleh karena itu kita sebagai Orang tua di jaman era millenial seperti ini yuk kita sama sama lawan HOAX ANTI IMUNISASI . Karena di semua Negara di dunia juga melakukan imunisasi rutin karena terbukti penting , aman dan bermanfaat . 
Oh iya , jika anak demam , bengkak dan nyeri setelah imunisasi itu adalah reaksi normal dan tidak berbahaya . Bayi yang sedang batuk dan pilek ringan , mencret sedikit tanpa demam dan tidak rewel boleh di imunisasi . Apabila ada imunisasi yang terlewat atau tertunda itu berarti belum punya kekebalan spesifik dan kemungkinan akan mudah terserang penyakit tersebut loh , jadi jika ada yang terlewat segera di lengkapi imunisasi tersebut , bila imunisasi bayi dan balita sudah lengkap bisa di lanjutkan imunisasi usia sekolah dan remaja .

Lalu Dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) juga menjelaskan tentang nutrisi lengkap dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak . Dr. Yoga juga mengatakan pemberian imunisasi yang lengkap juga harus di barengi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang , anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi oenyakit menular .
Hampir semua orang sudah tau bayi harus mendapatkan ASI exclusive selama 6 bulan setelah itu bayi mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI yang di sesuaikan dengan umurnya . 

Dr. Yoga juga menjelaskan cara memberikan mpasi seperti :
  • Buat jadwal teratur untuk bayi mulai belajar makan 
  • Penundaan jenis makanan tidak di anjurkan 
  • Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba jadi jangan patah semangaat dulu ya 
  • Jangan memaksa anak untuk makan dan perhatikan tanda lapar dan kenyang si bayi 
  • Menjaga kebersihan dalam mengolah , menyiapkan dan memberikan MPASI 
Kesimpulan dari Dr. Yoga MPASI diperlukan untuk melengkapi nutrisi yang di butuhkan ayi sejak berusia 6 bulan , Pemberian MPASI harus mengandung zat gizi yang di perlukan bayi terutama zat besi , Tekstur , Frekuensi , jumlah pemberian MPASI di naikkan bertahap . Tidak perlu menunda jenis makanan tertentu kecuali terbukti alergi .


                                   


Sementara DR. Dr. Ray Basrowi, MKK di acara kemarin juga mengatakan Anak yang mendapatkan nutrisi lengkap dan tepat pada usia nya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal . Dr. Ray menyarankan orang tua untuk selalu memberikan makanan yang sesuai usia dan kebutuhan anak dan dapat memberikan MP-ASI fortifikasi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut . MP-ASI fortifikasi juga memiliki komposisi yang di atur CODEX , termasuk kandungan nutrisi dan zat tambahan lain nya .

                       

 Aku yang punya anak balita kadang suka berfikir apakah nutrisi yang aku berikan untuk si kecil sudah cukup , maka dari itu aku suka berikan anak ku makanan fortifikasi seperti Cerelac . Aku suka memberikan anakku cerelac di sela sela makan utama nya yang sudah makanan keluarga . 

Yuk kita sebagai Orang tua untuk mendukung Indonesia sehat mari kita berikan buah hati kita Imunisasi lengkap dan nutrisi yang seimbang . Cari informasi tentang kesehatan anak dari sumber sumber yang terpercaya seperti www.IDAI.or.id


Komentar

  1. Makanan sehat dan bergizi demi kesehatan dan kecerdasan anak yach mom

    BalasHapus
  2. Imunisasi itu penting banget.Banyak penyakit fatal yg bisa di cegah dengan imunisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangeet mbak. Maka nya banyak yg mensosialisasikan ttg imunisasi yaa

      Hapus
  3. Dengan imunisasi lengkap da nutrisi tepat anak bisa tumbuh dengan optimal dan sehat ya mb... Ok, tfs...

    BalasHapus
  4. Kami termasuk orangtua yang memilih untuk tidak memvaksin anak-anak. Tapi jelas bukan karena korban HOAX ya mbak. Alhamdulillah memilih ini karena edukasi bukan sekedar ikut-ikutan aja . hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun pilihan nya pasti yang terbaik untuk anak anak nya kan yaa mbak

      Hapus
  5. Semoga kedepannya nggak ada lagi deh hoax2 yang menyesatkan. Hiks

    BalasHapus
  6. Sepakat. Imunisasi dan nutrisi lengkap sangat penting buat si bayi

    BalasHapus
  7. Nutrisi yang tepat dan imunisasi lengkap akan membuat anak tumbuh kemmbangnya optimal. Semoga para orang tua makin peduli dengan hal ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mbaak . Supaya anak anak Indonesia semakin sehat

      Hapus
  8. Setuju banget. Selain imunisasi, asupan makanan yang bernutrisi lengkap itu juga jadi penunjang buat jaga kesehatan anak. Makanya pas MPASI dulu, bener2 pilih2 deh makanan dan camilan apa yang dikasih ke anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mpASI nya yang bergizi yaa . Cemilan nya yang home Made . Waah pokok nya buat anak mah nomer 1 yaa

      Hapus
  9. Alhamdulillah saya memenuhi keduanya, untuk bayi Gi yang sekarang baru 4 bulan, Mbak.

    BalasHapus
  10. sosialisasi imunisasi memang perlu banget ya. banyak banget orang tua yang melewatkan imunisasi lho! dengan pemahaman yang baik tentunya semua orang tua bisa menyadari manfaat imunisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalau ada sosialisasi para orang tua kayak males mau ngikutin mbak . Makanya suka gregetan gitu . Posyandu di Rumah ku suka ada penyuluhan tp jarang banget ada yg mau ikutan

      Hapus
  11. Artikelnya Sangat bermanfaat buat saya kelak kak, ternyata imunisasi sangat penting.

    BalasHapus
  12. Aku termasuk yang gak anti sama mp asi fortifikasi. Karena para ahli dan dokter anak juga kadang menyaran kan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga . Kadang aku selingin sebagai Snack buat anak ku

      Hapus
  13. Kesehatan anak memang jadi no satu bagi orang tuanya

    BalasHapus
  14. Ayo semua bunda kita dukung Indonesia makin maju dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo kita dukuuuung demi Indonesia makin sehaaat

      Hapus
  15. Penting banget imunisasi ini ya untuk menjaga anak biar sehat dan kebal dari segala penyakit.

    BalasHapus
  16. Wah, ilmu nih Makasih banyak, Mbak. Kebetulan anakku masih MPASI nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbaak . Semangaaat makan anak nyaa mbaak semoga makin lahap ya makan nyaa

      Hapus
  17. Memang harus gencar membagi ilmu soal imunisasi ini biar ga ketelan antivaks

    BalasHapus
  18. imunisasi perlu buat anak2 di negara berkembang kayak indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu bangeet supaya tidak gampang tertular penyakit

      Hapus
  19. inumunisasi memang sangat penting buat tumbuh kembang anak. jangan sampai bermalas-malasan deh untuk ikutan imunisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kadang suka ada yg males atau suka ada yg terlewat . Itu masih bisa di kejar padahal jadwal imunisasi nya

      Hapus
  20. Diberikan makanan yang sehat sejak dini memang bagus untuk tumbuh kembang anak-anak, karena makanan akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak itu sendiri. Mulai dari pemikiran, tindakan, atau keputusan yang akan ia buat nantinya. Wahhh di Indonesia ini harus dong makan makanan yang sehat, makan juga harus teratur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betul bangeet ini setujuu secara tidak langsung demi masa depan anak anak Indonesia yaa

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Family Date bersama Bebelac

Aksi Hebat Ramadan bersama Bebelac